Properti

4 Cara Menyeimbangkan Keindahan dan Kenyamanan di Dalam Rumah Anda

Desain Interior Sejasa

Setelah beraktivitas seharian penuh di kantor, rumah haruslah menjadi tempat di mana Anda dapat melepaskan segala penat dan stress.

Untuk itu, kenyamanan dalam rumah bukan lagi hanya sebuah pilihan, melainkan sebuah keharusan. Tapi, rumah seperti apa sih yang bisa dikatakan sebagai rumah yang nyaman sehingga Anda akan merasa kerasan dan betah berada di dalamnya?

Tidak hanya kenyamanan, sebuah rumah juga tidak boleh diabaikan faktor keindahannya. Tak dapat dipungkiri bahwa kenyamanan sungguh erat kaitannya dengan keindahan. Rumah yang desainnya direncanakan dengan matang tentu akan terasa jauh lebih nyaman daripada rumah yang ditata secara asal-asalan dan hanya seadanya.

Anda mungkin dapat menggunakan jasa ahli untuk menangani segala urusan interior design rumah Anda, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan adanya kesalahan pada penataan ruang rumah Anda.

Namun beberapa orang hanya menitikberatkan desain hunian terbatas pada aspek keindahan saja, tanpa memikirkan faktor kenyamanan, dan sebaliknya, sementara beberapa ahli sepakat bahwa rumah yang sempurna untuk ditinggali adalah kombinasi dari keduanya. Memang bukan hal yang mudah untuk menyelaraskan faktor kenyamanan dan keindahan dalam rumah, namun artikel ini telah merangkum beberapa tipsnya untuk Anda!

  1. Kenyamanan tidak boleh tergantikan

Banyak furnitur seperti sofa atau tempat tidur yang terlihat sangat modern, mewah, dan keren dari luar, namun berbanding terbalik dengan sensasi pemakaiannya. Tidak peduli betapapun indah dan mewahnya sebuah furnitur tampak di mata, kenyamanan haruslah menjadi pertimbangan Anda nomor satu.

Ketika Anda sedang mencari-cari furnitur, jangan hanya tergiur penampilan luar semata, sementara furnitur tersebut tidak nyaman dirasa. Selalu ingat bahwa faktor kenyamanan harus menjadi prioritas Anda ketika sedang berbelanja furnitur baru.

  1. Pilih desain interior yang sesuai dengan selera estetika Anda

Jelek dan cantik merupakan hal yang sangat subjektif. Setiap orang memiliki seleranya masing-masing, sehingga yang menurut A bagus, bisa saja dinilai B sangat jelek. Keindahan itu universal, dan tidak ada yang benar dan salah dalam menentukan sebuah desain itu baik dan buruk.

Ketika Anda telah menemukan  sebuah furnitur yang tampak cantik dipandang dan sesuai dengan selera Anda, jangan dengarkan kata orang-orang yang bilang bahwa pilihan Anda salah. Selalu ingat bahwa apa yang menurut Anda baik belum tentu dianggap baik juga oleh orang lain dan hal tersebut sangatlah wajar. Jangan serta merta menerima saran dari orang-orang sementara hati Anda tidak begitu menyukainya.

  1. Pikir panjang sebelum Anda merencanakan dekorasi

Salah satu kesalahan yang mungkin Anda lakukan dalam perencanaan ruang adalah tidak berpikir panjang ketika akan mendekorasi ruangan. Pastikan Anda telah menggunakan waktu sebanyak yang Anda perlukan untuk memikirkan segala unsur dekorasi ruangan dengan matang. Perhatikan dengan teliti seluruh aspek ruangan yang Anda miliki, barulah mulai untuk mendekorasi ruangan tersebut.

Setelah mengetahui kondisi ruangan, Anda juga perlu mengetahui dengan pasti mau Anda apakan ruangan tersebut. Dari mulai sistem pencahayaan, sampai warna cat dinding yang ingin Anda gunakan. Jika Anda masih bingung, atau menemui jalan buntu, Anda dapat menggunakan jasa desain interior untuk menata ruangan Anda dengan sebaik mungkin.

  1. Gabungkan unsur tradisional dengan modern

Unsur tradisional juga bisa menjadi penyeimbang antara keindahan dan kenyamanan dalam rumah, misalnya dengan penggunaan elemen kayu dalam desain interior atau eksterior. Unsur kayu yang digunakan tentu sangat nyaman dipandang mata. Tidak hanya memanjakan mata, penggabungan antara unsur tradisional dan modern pada sebuah rumah akan membuat rumah terasa nyaman dan sejuk karena memiliki sedikit sentuhan alam.

Nah, itulah 4 cara mudah yang dapat berguna untuk Anda yang ingin menyeimbangkan unsur keindahan dan kenyamanan di dalam rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *