Keluarga, Kesehatan

4 Cara Tepat Agar Cepat Hamil Setelah KB

Setiap suami istri biasanya ingin memiliki keturunan setelah menikah, walaupun tidak semuanya, beberapa pasangan menggunakan KB untuk menunda kehamilan dengan alasan yang berbeda-beda, beberapa memiliki alasan karir, ada juga yang hanya karena belum siap memiliki anak, dan lain-lain.

Tips Cepat Hamil Setelah KB

Selain itu ada juga yang menggunakan KB setelah kelahiran anak pertama, namun banyak pemakai KB terutama KB jenis hormonal seperti KB suntik, KB pil dan KB susuk pada akhirnya menjadi sulit hamil.

Sulitnya hamil setelah menggunakan KB hormonal dikarenakan  KB jenis ini akan membuat hormon wanita menjadi tidak seimbang, apalagi jika digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama, ketidakseimbangan hormon inilah yang menyebabkan menurunnya tingkat kesuburan seorang wanita.

Penyebab mengapa wanita sulit hamil setelah KB walaupun Kb tersebut sudah dilepas adalah karena kontrasepsi KB hormonal yang dimasukkan kedalam tubuh masih akan tersimpan di dalam lemak tubuh wanita. Karena itu diperlukan waktu agar kesuburan bisa dikembalikan ke kondisi normal.

Waktu yang diperlukan agar cepat hamil berbeda-beda, ini tergantung kondisi hormon masing masing, ada beberapa Tips Cepat Hamil Setelah KB, antara lain :

Berikan Fase Istirahat Selama KB

KB hormonal bekerja dengan cara menekan kalenjer endokrin, kalenjer endoktrin sendiri merupakan kalenjer yang mempengeruhi produksi hormon reproduksi. Oleh karena itu sebaiknya jangan terlalu lama menekan kalenjer ini, caranya dengan memberikan fase istrahat selama pemakaian KB hormonal, caranya adalah dengan mengganti KB hormonal dengan KB non hormonal sekitar 1-2 bulan agar kalenjer endoktrin dapat kembali bekerja dengan normal. Jika ditekan terus menerus maka yang terjadi adalah wanita akan sulit mengalami kehamilan setelah lepas KB dibandingkan dengan yang melakukan fase istirahat. Sebaiknya berikan jeda waktu istirahat ini secara rutin.

Hindari Stres

Sebaiknya hindari stress pada wanita yang menginginkan kehamilan, stres dapat menyebabkan hormon pada tubuh wanita tidak seimbang, hormon yang tidak seimbang bisa berdampak pada siklus haid yang tidak teratur, pada wanita yang ingin hamil siklus haid yang tidak teratur akan menjadi masalah, karena akan menyulitkan untuk menghitung masa subur dan masa ovulasi untuk memulai berhubungan suami istri.

Untuk menghilangkan stres sendiri bisa dengan berbagai cara, selain dengan menghindarinya akan lebih baik lagi jika ditambah dengan melakukan hobi yang disukai atau berlibur atau lakukan hal yang Anda sukai agar bisa mengurangi tingkat stres.

Dengan pikiran yang rileks maka akan lebih nyaman melakukan hubungan suami istri tanpa dibarengi dengan rasa cemas. Selain itu pikiran yang stres ternyata juga dapat mengurangi tingkat kesuburan wanita sehingga akan mengganngu proses kehamilan.

Jaga Kebugaran Tubuh

Menjaga kebugaran tubuh merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap wanita yang ingin hamil, entah bagi yang belum menggunakan KB ataupun beru melepas KB.

Untuk menjaga kebugaran ini bisa dilakukan dengan cara melakukan pola hidup sehat seperti rutin berolahraga. Olahraga yang dilakukan tidak harus yang berat-berat yang penting ada waktu rutin untuk menggerakkan tubuh, seperti jalan kaki, jogging, ataupun bersepeda.

Selain itu bagus juga dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seperti buah-buahan dan sayuran, terutama sayuran hijau, sayuran hijau dikenal memiliki kandungan zat yang berfungsi untuk kesuburan wanita, selain itu Anda juga bisa mengonsumsi kacang-kacangan.

Mengonsumsi Suplemen

Dan terakhir jangan lupa untuk mengonsumsi suplemen penyubur, sekarang ini banyak suplemen penyubur, alangkah baiknya jika menghindari suplemen berbau kimia, pilihlah suplemen herbal.

Atau lebih baik lagi jika berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar mendapatkan suplemen dengan resep tertentu, selain itu dengan berkonsultasi Anda bisa mendapatkan tips Cara Agar Cepat Hamil sesuai dengan keluhan yang diberikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *