Lifestyle

Cara Merawat Kompresor AC Rumah Agar Tidak Mudah Mengalami Kerusakan

Indonesia yang berada di garis khatulistiwa mengakibatkannya memiliki iklim yang panas atau tropis. Terkadang suhu udara yang terlalu panas membuat penghuninya tidak nyaman dan gerah sehingga tidak produktif seperti seharusnya. Hal ini bisa ditanggulangi dengan penggunaan AC di ruangan tersebut. AC rumah juga sudah banyak digunakan bukan hanya untuk memberi kenyamanan saat bekerja namun juga kenyamanan saat beristirahat dengan keluarga. Namun memiliki AC juga sama dengan memiliki barang lainnya yang memerlukan perawatan. Salah satu bagian AC yang sering mengalami kerusakan adalah pada bagian kompresornya sehingga diperlukan perawatan khusus. Perawatan khusus hingga pergantian hanya bisa dilakukan oleh teknisi ahli dengan biaya yang tidak sedikit. Karenanya jika Anda memiliki AC dan ingin terus merasakan manfaatnya, berikut ini adalah cara-cara merawat kompresor AC rumah agar tak cepat mengalami kerusakan. 

Kompresor AC Rumah

Sebelum mempelajari cara merawat AC terutama bagian kompresornya, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu sebuah kompresor di dalam sebuah alat pendingin ruangan atau AC. Kompresor merupakan alat atau bagian di dalam AC yang berfungsi untuk menarik atau menghisap udara luar sehingga menghasilkan angin atau udara yang nantinya dihembuskan. Namun udara yang diambil tidak langsung dihembuskan tetapi diolah terlebih dahulu sehingga memiliki suhu yang diinginkan agar di ruangan dalam memiliki suhu yang sesuai dengan pengaturan suhu AC. Jika kompresor mengalami kerusakan, ada beberapa masalah yang bisa ditimbulkan diantaranya adalah tidak bisa berputarnya alat tersebut sehingga AC mati total, atau juga udara yang dihembuskan kurang dingin bahkan panas.

 Untuk mencegah timbulnya kerusakan yang sudah parah sehingga perlu pergantian kompresor AC rumah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawatnya di rumah:

 

  1. Tempatkan kotak luar AC di tempat yang tidak terkena matahari atau air hujan secara langsung.

Kotak luar memang harus ditempatkan di luar ruangan sehingga bisa berhubungan langsung dengan udara luar. Namun bukan berarti harus terkena matahari dan air hujan secara langsung. Hal tersebut bisa membuat besi cepat keropos dan akhirnya mengganggu fungsi dari kompresor. Letakkan kotak luar AC di teras atau di bagian atap rumah yang masih terlindung oleh bagian atap terluar sehingga tidak terkena tetesan hujan.

 

  1. Tutup ruangan dengan rapat ketika menyalakan AC.

Menutup ruangan rapat ketika AC dinyalakan sepertinya adalah pekerjaan yang sepele, namun hal tersebut bisa membantu Anda dalam menjaga keawetan AC. Ruangan yang tertutup rapat akan memudahkan kerja AC dalam mengatur suhu ruangan. Hal tersebut berarti memperingan kerja kompresor dan komponen lainnya sehingga AC secara keseluruhan akan lebih awet dan terawat.

 

  1. Bersihkan AC secara teratur.

Jangan ragu untuk memanggil teknisi untuk membersihkan AC jika Anda merasakan sudah waktunya AC dibersihkan. Jika Anda sendiri bisa melakukannya maka bersihkan kipas dan bagian dalam AC secara teratur dan rutin. Hal ini selain untuk keawetan AC Anda juga untuk menjaga kualitas udara yang dihembuskan agar terbebas dari debu serta kuman penyakit.

Beberapa cara tersebut di atas bisa Anda lakukan untuk mencegah kompresor AC rumah cepat rusak sehingga Anda perlu menggantinya dengan yang baru yang pasti memiliki harga jual yang mahal. Jika AC terlanjur rusak, Anda bisa membeli kompresor AC di berbagai situs belanja online terpercaya dengan mencari kompresor Ac sesuai merk dan seri AC yang Anda miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *